Air Terjun Melanggar - Marayuh – Pontianak

Minggu, 23 Mei 2010.




Air Terjun Melanggar/Menaggar/Mananggar merupakan patahan Sungai Landak dengan ketinggian terjunan air sekitar 40 meter. Air terjun ini terdiri dari tujuh tingkat. Di atasnya terdapat dahan pepohonan, yang menurut warga setempat, sudah bertahun-tahun ada di sana dan tidak jatuh atau hanyut. Air terjun itu dikelilingi Gunung Pejapa (1.019 m).

Di seberang sungai, terdapat Gua Sanjan yang bisa dicapai setelah melintasi jalan setapak sekitar 4 km.. Gua ini diwarnai air terjun kecil yang jatuh ke dalam sungai kecil di bawahnya sehingga tampak sangat menakjubkan.

Ada sekitar 9 air terjun lagi di dekat kawasan (Kecamatan Aik Besar) air terjun ini yang letaknya terpencar berjauhan.

(1) Air Terjun Remabo di Desa Sekendal yang merupakan patahan Sungai Dait. Air terjun ini terdiri dari tujuh tingkat. Untuk ke lokasi ini tak bisa sembarangan karena harus melewati jalan HPH PT Batasan.

(2) Air Terjun Terinting juga terdiri dari tujuh tingkat dan terletak di Desa Jambo Tembawang di perbatasan Desa Jambo Tembawang-Desa Engkangin. Air terjun ini berasal dari patahan Sungai Ensiang. Keistimewaannya, dikelilingi gunung dengan rimba yang masih utuh. Untuk ke lokasi ini dibutuhkan waktu satu hari berjalan kaki (sekitar 40 km dari Desa Serimbu, ibu kota kecamatan). Bahkan jika menggunakan perahu motor pun, dibutuhkan waktu 12 jam, karena
setelah tiba di Kuala Terinting, masih harus berjalan kaki lagi
berjam-jam. Di sekitar air terjun ini, ada sejumlah gua alam yang oleh penduduk untuk menginap, di antaranya Gua Harimau.

(3) Air Terjun Padelembayung di Desa Betiang dengan ketinggian 100 meter. Untuk ke lokasi ini, dibutuhkan waktu dua hari dengan berjalan kaki (sekitar 60 km dari Serimbu).

(4) Air Terjun Meroban di Desa Amparjawa dengan ketinggian 30 meter.

(5) Air Terjun Romboksetin di Desa Tengue dengan ketinggian 35 meter,
di kiri kanannya terdapat gunung dengan hutan belantara alami. Air
terjun ini digemari pelajar setempat, dan jaraknya sekitar 30 km dari
Serimbu.

(6) Air Terjun Bedawandi Desa Dangeaji dengan ketinggian 30 meter yang banyak ditumbuhi aneka jenis anggrek. Air terjun ini mengalir di Sungai So’ong. Di sungai yang jernih, ikan berlimpah-limpah. Untuk ke lokasi ini, dibutuhkan waktu lima jam berjalan kaki dari Serimbu.

(7) Air Terjun Berui di Desa Serindu, sekitar 3 km dari Serimbu (satu jam berjalan kaki) memiliki enam tingkat, Salah satu keistimewaannya,
kawasan ini salah satu tambang intan tradisional.

(8) Air Terjun Ringin di Dusun Tejo, Desa Sepangah dengan tiga tingkat dan dapat ditempuh dengan satu jam berjalan kaki dari Serimbu.

(9) Air Terjun Tepaan di Desa Amparjawa, air Sungai Tepaan sepanjang 3 km dekat air terjun itu lurus tak berbelok-belok, dengan kedalaman 8-10 cm. Lokasinya sekitar satu jam dari Air Terjun Melanggar dengan berjalan kaki di jalan setapak.

Lokasi

Terletak di Dusun Perbuah, Desa Marayuh, Kecamatan Aik Besar, Kabupaten Pontianak, Propinsi Kalimantan Barat.

Peta dan Koordinat GPS:

Aksesbilitas

Berjarak sekitar 260 km dari Pontianak yang diawali melalui jalan darat dari Kota Ngabang menuju Setimbu, ibukota Kecamatan Aik Besar . Bila menggunakan kendaraan umum, harus berhenti dulu di terminal kota Kecamatan Ngabang (sekitar tiga jam dari kota Pontianak). Selanjutnya dari sana, dapat menggunakankendaraan desa ke Desa Serimbu (sekitar 56 km dari Ngabang), dengan waktu tempuh sekitar dua jam lebih.

Dari Desa Serimbu, perjalanan ke Air Terjun Melanggar dilanjutkan dengan perahu motor berkecepatan 13 km/jam dengan kekuatan mesin 9,9 PK. Ongkosnya sekitar Rp 100.000 sekali jalan. Perjalanan melintasi Sungai Landak ini menempuh waktu sekitar dua setengah jam, itu pun harus melewati sejumlah riam.

Sepanjang perjalanan melintas di Sungai Landak, di kiri kanan dapat disaksikan hutan belantara yang hijau. Sesekali terlihat penduduk desa mandi dan mencuci di sungai. Jarang sekali bertemu perahu motor yang seiring atau berlawanan arah.

3 Comentários:

Holiday Getaway mengatakan...

Boss Dika
suka jugak baca infonya ini.

Dah pernah ke semua lokasi air terjunnya ya ke?
Minat juga kesitu suatu hari. Kamek orang Pontianak ndak tau ada air terjun.

Kalo kau sempat, kontak2 aja aku 0817813505. Aku di Jakarta sekarang, kadang2 jugak pulkam.

Eddy Perwansyah mengatakan...

Ternyata di kecamatan air besar banyak juga sebenarnya tempat objek wisata...
Tapi sayang daerah kita belum sepenuh nya maju dan juga jalan akses nya masih lumayan susah karena jln yang menghubungkan 1 ibu kota kabupaten dan 2 kota anatr kecamatan jalan nya msih kurang mendukung....tentu nya kita semua berharap kepada pemerntah untuk melakukan tindakan.demi kemajuan masyarakat khusus nya air besar dan kuala behe.

Pencinta Alam mengatakan...

Semuanya itu kita syukuri alam pewaris dari sang pencipta,abadiknlh semuanya itu di dalam lingkup hidup kita bersama.jaganlh keindahan alam itu seutuhnya dan hendaknya kita tahan uji sebab manusia2 jaman sekarang ada yg serakah utk menguasai semuanya itu mereka lebih banyak dan sering memporakrandakn alam.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
tempat wisata © Copyright 2010 | Design By Gothic Darkness |